Tips Menjaga Kesehatan Mata, Walau Sering Menatap Layar Gadget atau Monitor



Hai sahabat ..

Bagaimana kabar kalian? Aku harap kalian selalu sehat ya . Tetap jaga jarak dan jaga kebersihan, agar pandemi Covid-19 di Indonesia segera berakhir ya :)

Setelah di umumkan oleh bapak Presiden Joko Widodo untuk #dirumahaja atau melakukan social distancing demi menekan angka penyebaran virus Covid-19, pasti banyak sekali hal-hal yang dilakukan selama dirumah. Baik untuk bekerja atau sekedar merefleksikan diri, beberapa perusahaan pun menerapkan work from home dan sekolah-sekolah diliburkan. Untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas sekolah hingga berkomunikasi dengan teman dan kerabat, semuanya membutuhkan gadget atau komputer. Sebelum pandemi pun sudah banyak masyarakat yang bergantung pada gadget atau komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya ataupun mencari hiburan. Kita tentunya terbiasa melihat layar monitor dan gadget seharian sehingga mata kita terpapar cahaya yang sangat terang dan bisa jadi mempengaruhi kesehatan mata. Apakah ada cara untuk menjaga kesehatan mata dari kita menatap layar gadget atau monitor?

Banyak ditemukan kasus pekerja kantoran yang mengeluhkan matanya mengalami penurunan penglihatan, hal ini biasanya terjadi karena mata yang terus dipaksa untuk bekerja  dan menatap layar monitor yang sangat lama bahkan tanpa kita sadari mata kita tidak berkedip untuk waktu yang lama sehingga membuat mata menjadi kering dan mudah teriritasi.

Berikut akan aku jelaskan mengenai tips menjaga kesehatan mata walau sering menatap layar gadget atau monitor, simak baik-baik ya :)


1. Atur pencahayaan ruangan

Ketika menggunakan gadget atau monitor sebaiknya dilakukan pada ruangan yang terang supaya mata tidak terbebani dengan adanya sedikit cahaya dan lebih memaksakan untuk menangkap cahaya ketika menggunakannya di tempat gelap sehingga membuat otot mata tegang.

2. Atur pencahayaan ponsel

Saat ini banyak smartphone yang sudah mengadaptasi pencahayaan layar disesuaikan dengan kondisi sinar disekita. Hal itu juga berlaku saat berada diluar ruangan, sehingga kita bisa melihat ponsel bahkan saat matahari terik.

Meski begitu, kadang cahayanya tetap tidak terasa nyaman di mata kita karena masih terang berlebihan. Oleh karena itu, usahakan cahayanya disesuaikan dengan mata.

Selain itu, pastikan untuk memakai penerangan yang cukup di dalam ruangan saat menggunakan ponsel di malam hari dan tidak menggunakannya di ruangan yang gelap

3. Berikan jarak aman antara mata dan layar

Jarak antara mata ke ponsel memiliki jarak ideal antara 30 sampai 40 cm. Pastikan kamu menjaga jarak tersebut saat menggunakan ponsel. Sedangkan jarak antara mata ke monitor sekitar 50 sampai 60 cm. Jadi jangan mengabaikan hal ini ya sahabat, supaya mata kamu tetap sehat.

Selain itu, posisi juga ternyata penting dalam menggunakan gadget, posisi gadget tidak boleh sejajar dengan mata agar mata tetap sehat dan terjaga.

4. Beri durasi menatap layar dan waktu istirahat

Batasi waktu untuk melihar layar dengan disiplin supaya mata kamu tetap sehat. Ketika fokus melikat ke monitor dalam waktu yang lama, maka reflek mata untuk berkedip akan berkurang dan menyebabkan mata kering dan lelah. Karenanya, gunakan monitor maksimal 2 jam kemudian jauhkan mata dari layar selama 15 menit.

Selain durasi yang displin, pengalihan pandang juga krusial untuk menjaga mata tetap sehat. Terapkan rumus 20-20-20! Setiap 20 menit menatap gawai, palingkan mata Anda selama 20 detik untuk melihat objek berjarak 20 meter.

5. Beri pijatan pada area sekitar mata

Ketika mata terlalu lama menatap layar gadget maupun monitor, mata akan terasa berat dan pedih. Ketika beristirahat sejenak dari layar usahakan juga memberi pijatan pada mata supaya otot-otot mata tidak terlalu tegang. 

6. Menjaga kelembaban mata

Apabila menatap layar yang lama, mata akan terasa perih dan kering, biasanya untuk menambah kelembaban dapat digunakan obat tetes air mata buatan yang berfungsi melembabkan mata. Namun, untuk lebih amannya dapat dikonsultasikan dengan dokter spesialis mata terlebih darhulu.

7. Membangun imunitas tubuh

Ini langkah yang mutlak dilakukan terlebih di tengah pandemi Covid-19. Cukupi asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan melakukan olahraga.
Selain itu cobalah mengonsumsi banyak wortel baik di jus ataupun di sayur. Apalagi saat ini banyak pula makanan sehat ataupun minuman yang banyak mengandung wortel yang tentu akan sangat memudahkan bahkan kalau kamu tidak suka wortel.


Langkah tersebut juga menjadi bentuk upaya sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap orang dirumah guna menjaga kualitas penglihatannya dan dapat membantu menghindar dari kebutaan. Jika keluhan semakin menganggu, lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan doktern spesialis mata. 

Sepertinya cukup itu dulu ya sahabat. Semoga infonya dapat bermanfaat bagi semuanya. 
Terimakasih .

Komentar